Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna, tata letak, musik, dan keakraban terhadap nilai hedonis dan nilai utilitarian melalui media kenyamanan pada Matahari Department Store. Dalam penelitian ini, keempat variabel tersebut di analisis menggunakan analisis SEM LISREL 8.70. Obyek penelitian ini adalah Matahari Department Store sebagai perintis bisnis retail department store terbesar di Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 147 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling incidental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dibangun untuk memprediksi perilaku konsumen tentang nilai hedonis dan nilai utilitarian diterima sebagai penjelasan hubungan di antara variabel, secara terperinci hasil menjelaskan pada pengujian hipotesis pertama, warna berpengaruh positif terhadap kenyamanan. Selain itu, hasil penelitian pada pengujian hipotesis kedua, menunjukkan bahwa tata letak berpengaruh positif terhadap kenyamanan. Sedangkan hipotesis ketiga menunjukkan bahwa musik berpengaruh positif terhadap kenyamanan. Sementara hipotesis keempat menunjukkan bahwa keakraban berpengaruh positif terhadap kenyamanan. Kemudian hipotesis kelima menunjukkan bahwa kenyamanan berpengaruh positif terhadap nilai hedonis dan hipotesis keenam juga menunjukkan bahwa kenyamanan berpengaruh positif terhadap nilai utilitarian.