Penerapan pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas XII TPM SMKK St. Louis Surabaya

Main Author: Sari, Ratika Dwi Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/14004/43/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/2/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/3/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/4/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/6/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/14004/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SMKK St. Louis Surabaya diketahui bahwa siswa kelas XII TPM yang berjumlah 21 orang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika dan sebagian siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai ulangan tengah semester siswa yang hanya 29% memenuhi SKM dengan nilai rata-rata kelas 60,2. Proses pembelajaran dikatakan tuntas apabila nilai siswa memenuhi SKM yaitu ≥75. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut peneliti memutuskan untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran tipe STAD dikelas tersebut. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan minimal 75% siswa aktif dalam pembelajaran, minimal nilai rata-rata kelas XII TPM adalah 75, minimal 75% siswa kelas XII TPM mencapai SKM, keterlaksanaan RPP dengan pembelajaran STAD minimal 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan, Penelitian Tindakan Kelas harus dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir siklus I diperoleh keaktifan siswa sebesar 45%, hasil belajar siswa sebesar 43%, keterlaksanaan RPP sebesar 95,1% dan pada akhir siklus II diperoleh keaktifan siswa sebesar 79%, hasil belajar siswa sebesar 81%, dan keterlaksanaan RPP sebesar 95,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.