Daftar Isi:
  • Pengungkapan emisi karbon penting dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga legitimasi dengan masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder terkait aktivitas perusahaan. Perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan publik tidak semua melakukan pengungkapan emisi karbon, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional, dan media exposure terhadap pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode pengamatan tahun 2014 sampai tahun 2016. Peneliti mengambil 174 perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan tahunan dan website perusahaan terkait. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe industri, ukuran perusahaan, dan media exposure berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon, sedangkan profitabilitas, leverage, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon.