Kepuasan followers akun instagram humas pemerintah kota Surabaya @Surabaya
Main Author: | Widhiasanti, Helena Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/13551/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/13/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/14/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/16/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/15/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/17/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/13551/ |
Daftar Isi:
- Fungsi utama PR adalah mengembangkan hubungan baik melalui komunikasi dua arah antara perusahaan dengan khalayaknya. Salah satu kegiatan untuk menjalankan fungsi itu adalah publikasi, dimana informasi disebarkan melalui suatu media agar khalayak tidak mengalami kekurangan informasi. Hal itu lah yang dilakukan divisi Humas Pemerintah Kota Surabaya. Melalui berbagai media, salah satunya media sosial instagram, Humas Pemkot Surabaya menyebarkan informasi yang dapat diketahui publik di akun @surabaya. Kegiatan tersebut menumbuhkan partisipasi followers akun @surabaya untuk menyampaikan aspirasinya melalui akun @surabaya, namun rupanya, tidak semua aspirasi itu mendapat tanggapan dari @surabaya sehingga menumbuhkan berbagai kepuasan pada followers akun @surabaya. Untuk mengetahui bagaimana kepuasan followers akun @surabaya, peneliti menggunakan teori uses and gratifications (U&G) sebagai teori pendukung untuk melihat kepuasan dalam penelitian ini. Teori U&G ini berbicara mengenai kepuasan yang dicari dan yang didapatkan oleh khalayak ketika menggunakan media massa. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil yang diperoleh adalah followers akun @surabaya merasa puas dengan akun @surabaya, namun dengan kesenjangan mean GS dan GO yang tidak besar, yaitu hanya 0,08. Indikator kepuasan yang memiliki mean paling tinggi ada pada indikator communicatory utility dengan nilai 0,16 dan yang paling rendah ada pada indikator information seeking dengan nilai kesenjangan sebesar -0,13