Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada bagaimana sikap followers mengenai media social Intsgram Awkarin. Teori utama yang terdapat pada penelitian ini adalah model komunikasi Laswell dimana Model tersebut menyatakan bahwa terdapat lima unsur model komunikasi yaitu sumber (Source), pesan (say what?), saluran/ media (InWhich Channel?), penerima (receiver), dan efek. Pertama, sumber adalah pihak yangmempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi. Kedua, pesan yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Ketiga, saluran atau media adalah alat atau wahana yang dipergunakan sumber untuk menyampaikan pesan kepada penerima. Keempat, penerima adalah orang yang menerima pesan dari sumber. Kelima, efek adalah apa yang terjadi pada penerima setelah ia menerima pesan tersebut misalnya penambah pengetahuan terhibur, perubahan sikap. Responden adalah followers Awkarin yang berjumlah 100 orang. Sikap memiliki 3 indikator Yaitu, kognitif, afektif, konatif. Peneliti menggunakan motode survei online untuk mendapatkan keterangan jawaban dari responden. Informasi yang dikumpulkan menggunakan kuisioner secara online, dengan menyebarkan link kepada responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sikap followers memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi terhadap media sosial Instagram Awkarin, di mana sikap kognitif memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi, afektif memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi, dan konatif memiliki kecenderungan yang positif atau tinggi.