Intervensi keterampilan sosial pada anak berbakat pra sekolah

Main Author: Adhyatma, Made Dharmawan Rama
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/12135/29/Proceeding.pdf
http://repository.wima.ac.id/12135/
Daftar Isi:
  • Masa pra sekolah merupakan masa dimana anak mulai memiliki ketertarikan untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya, khususnya dengan teman sebaya. Namun bagaimana dengan anak pra sekolah yang mengalami keberbakatan? Dengan beberapa kelebihan termasuk intelektual, kemampuan verbal, serta kebutuhan mendapatkan pengetahuan yang tinggi, membuat mereka memiliki kecenderungan untuk lebih memilih berinteraksi dengan orang yang lebih dewasa. Hal ini yang terjadi pada subjek yang ditangani oleh penulis. Subyek memiliki kebutuhan akan pengetahuan yang sangat tinggi sehingga lebih menyukai interaksi dengan orang yang lebih dewasa dan menghambat interaksinya dengan teman sebaya. Permasalahan tersebut menjadi dasar penulis untuk memberikan intervensi sederhana terkait keterampilan sosial yang akan membantu subjek untuk lebih adaptif dalam berinteraksi dengan teman di sekolahnya. Intervensi diberikan untuk meningkatkan keterampilan sosial subyek berdasarkan empat dimensi keterampilan sosial anak pra sekolah dari Broadhead (2004) yang meliputi inisiatif beraktivitas bersama teman sebaya, bergabung dalam permainan, memelihara peran selama kegiatan bermain yang dilakukan, dan mampu mengatasi permasalahan interpersonal ketika bermain. Intervensi sendiri dilakukan dengan cara melibatkan subyek dalam permainan sederhana yang diikuti juga oleh teman sebayanya. Subjek adalah anak laki-laki berusia 6 tahun 1 bulan, memiliki kapasitas intelektual yang tergolong Very Superior Skala WISC dengan skor IQ = 140.