Daftar Isi:
  • Distribusi adalah suatu kegiatan penyaluran produk, baik barang atau jasa dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan tujuan yang pasti secara optimal kepada konsumen. Dalam mendistribusikan suatu barang atau jasa, memerlukan adanya transportasi yang digunakan sebagai penyambung antara konsumen dengan produsen, sehingga pendistribusian berperan sangat penting dalam hal tersebut. Pada UD. X dimana merupakan salah satu distributor air minum kemasan galon, perusahaan mendistribusikan galon tersebut kepada semua konsumen dengan cara mencampur kebutuhan permintaan konsumen, baik pelanggan toko dan rumah tangga. Perusahaan tidak memiliki rute distribusi yang pasti, sehingga rute menjadi terlihat tidak teratur dan tidak struktur. Metode dynamic programming dan metode saving matrix berharap mampu memcahkan permasalahan pada UD. X dalam mendistribusikan permintaan galon pada pelanggan toko saja. Didalam metode ini menekankan pada waktu tempuh distribusi dari perusahaan ke toko-toko. Hasil rute yang pada metode dynamic programming yaitu terbentuk 6 rute dengan jumlah total waktu 575 menit (9,6 jam) dan . Pada metode saving matrix yaitu terbentuk 7 rute dengan total waktu 590 menit (9,83 jam).