Daftar Isi:
  • Produk bakery terutama pastry sangat berkembang pesat di Indonesia. Salah satu produk pastry yang sangat berkembang adalah pie. Perkembangan produk roti dan kue yang meningkat pesat di Indonesia Ciri khas produk pie buah terletak pada kulit (crust) yang crumbly, gurih, dan vla yang cenderung manis serta berbagai macam buah di bagian atasnya. Hasil survey terhadap 50 responden di Surabaya yang menunjukkan bahwa pie dan pannacotta pernah dikonsumsi oleh konsumen baik laki-laki maupun perempuan. Sebanyak 86% responden dalam rentang usia 17-30 tahun mengetahui produk pie isi pannacotta dan sebanyak 78% responden tersebut tertarik membeli dan mencoba pie isi pannacotta. Berdasarkan hasil survey, terdapat peluang untuk mengembangkan pie sehingga dapat meningkatkan penjualan pie. Bentuk inovasi pie adalah pie isi pannacotta, yang diproduksi dengan merk dagang PannaPie. PannaPie adalah pie dengan isi pannacotta yang akan diberi topping buah-buahan atau coklat dan dikemas dalam wadah mika dan diberi label. Produksi PannaPie dilakukan di Jalan Doho No. 15, Surabaya dengan total luas bangunan 40 m2. Model tata letak proses produksi PannaPie menggunakan model tata letak product layout serta dirancang dengan kapasitas produksi 11.600 packs per tahun yang dikerjakan selama 20 hari per bulan dengan 5 jam kerja per hari. Bentuk badan usaha dari PannaPie adalah badan usaha perorangan. Metode pemasaran dilakukan dengan cara promosi langsung, lewat media sosial. Evaluasi kelayakan usaha, PannaPie memiliki nilai ROR sebelum pajak 41,19%, dan setelah pajak 40,77%, POT sebelum pajak 2,39 tahun, dan setelah pajak 2,42 tahun, BEP 61,07%, dan berprospek memiliki angka penjualan yang tinggi sehingga layak untuk dikembangkan lebih lanjut.