Analisis sistem penjualan pada bengkel Birowo
Main Author: | Dharmawan, Richard |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/11703/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/11703/ |
Daftar Isi:
- Siklus penjualan merupakan bagian yang sangat penting dari perusahaan karena berhubungan dengan penyediaan barang atau jasa untuk pelanggan serta menerima pembayaran dari barang atau jasa tersebut. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan sistem informasi yang baik, terutama pada siklus penjualan. Objek penelitian ini adalah Bengkel Birowo. Bengkel Birowo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi bracket dan pulley untuk AC mobil. Masalah yang ada pada Bengkel Birowo adalah pembagian tugas yang belum berjalan dengan efektif dan efisien, serta kurangnya pengendalian terhadap penjualan kredit perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan Standard Operating Procedure (SOP) pada siklus penjualan sehingga dapat meningkatkan pengendalian internal. Dari hasil analisis, dapat diketahui aktivitas penjualan, evaluasi aktivitas, saran, dan solusi perbaikan aktivitas prosedur dan dokumen-dokumen pada siklus penjualan. Sumber data diperoleh dari wawancara dan observasi langsung pada Bengkel Birowo. Dari data yang diperoleh, ditemukan bahwa perusahaan tidak memiliki kartu piutang yang diperlukan untuk pengendalian terhadap transaksi penjualan kredit. Diharapkan dengan adanya SOP pada sistem penjualan, efektivitas kinerja perusahaan dapat meningkat dan dapat meminimalisasi risiko piutang tidak tertagih.