Pegembangan perangkat pembelajaran dengan Model Direct Instruction berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan di SMAK Santa Agnes Surabaya

Main Author: Perdana, Yohanes Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/11619/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/2/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/3/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/4/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/6/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/11619/
Daftar Isi:
  • Mata pelajaran fisika pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa khususnya siswa di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Santa Agnes Surabaya. Anggapan ini membuat siswa menjadi kurang berminat mempelajari fisika. Pada umumnya siswa menjadi pasif dan tidak mau bertanya jika belum mengerti materi pelajaran sehingga guru kesulitan dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Direct Instruction dan media pembelajaran berbasis komputer. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMAK Santa Agnes Surabaya. Instrumen penelitian meliputi perangakat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dengan memanfaatkan media berbasis komputer untuk pokok bahasan gerak melingkar beraturan telah dikembangkan. Perangkat pembelajaran terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Rencana Evaluasi (RE) dan Media Berbasis Komputer berkategori baik, valid dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAK Santa Agnes Surabaya. Berdasarkan hasil validasi ahli, perangkat pembelajaran layak untuk digunakan. Hasil belajar menunjukkan 82,5% siswa kelas X-2 SMAK Santa Agnes Surabaya mencapai ketuntasan belajar dengan N-Gain Score 0,659837963 kategori sedang.