Opini masyarakat Surabaya mengenai program CSR "kran air siap minum" oleh PDAM Surya Sembada Surabaya
Main Author: | Faar, Grasella Irianie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/11529/40/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/4/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/5/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/6/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/7/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/8/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/11529/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengukur bagaimana opini masyarakat Surabaya mengenai program CSR “Kran Air Siap Minum” oleh PDAM Surya Sembada Surabaya, yang dalam proses berjalannya program CSR ini mengalami kontroversi. Masyarakat Surabaya Memiliki beraneka ragam opini mengenai Program “Kran Air Siap Minum” tersebut, dimana opini-opini tersebut juga dituangkan dalam akun blogspot, maupun muncul dalam berbagai macam pemberitaan di internet. Selain itu, berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti ada tanggapan masyarakat yang setuju maupun tidak setuju dengan program CSR tersebut. Masyarakat ada yang masih belum berani menggunakannya karena tidak yakin akan kebersihan/kestreilan air dari Kran Air tersebut, namun ada juga masyarakat yang setuju dengan program ini karena merasa terbantu saat sedang jogging atau melakukan aktivitas lainnya. Dari dasar kontoversi ini peneliti ingin meneliti opini masyarakat Surabaya dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Teknik yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling, peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden yang disebarkan ke masyarakat Surabaya yang terbagi menjadi 5 wilayah yaitu di wilayah Institut Teknologi 10 November, SMAN 16 Surabaya, Taman Bungkul, Kelurahan Jambangan, dan Kantor PDAM Surya Sembada Surabaya. Untuk meneliti Opini, peneliti menggunakan indikator Cognition Affection dan Behavior dan elemen dari konsep Tripple Bottom Line yaitu Profit, People, Planet. Dari hasil penelitian ini menunjukan opini masyarakat Surabaya adalah cenderung positif.