Analisis pengaruh gaya hidup, harga, kualitas produk, merek, promosi, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Surabaya

Main Author: Sidin, Sofyan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/1151/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/1151/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, harga, kualitas produk, merek, promosi, dan kelompok referensi, dan mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian smartphone Blackberry di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 209 responden yang membeli sekaligus menggunakan smartphone Blackberry minimal 6 bulan pemakaian, berusia minimal 18 tahun, dan berdomisili di Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah survey lansung kepada konsumen smartphone Blackberry melalui pembagian kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, harga, kualitas produk, merek, promosi, dan kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Surabaya. Akan tetapi, gaya hidup bukan merupakan faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian smartphone Blackberry di Surabaya, melainkan kelompok referensi. Kelompok referensi yang paling potensial adalah kelompok kawula muda, kelompok karyawan/pegawai, dan kelompok wiraswasta.