Daftar Isi:
  • Program Corporate Social Responsibility merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang praktisi Public Relations. Pelaksanaan program Corporate Social Responsibility bertujuan untuk membangun citra sebuah perusahaan. Namun kenyataannya, tidak semua program Corporate Social Responsibility ini dilakukan oleh seorang praktisi Public Relations. Oleh karena itu, banyak dari tahapan Public Relations yang tidak dapat diimplementasikan pada program Corporate Social Responsibility seperti sebagaimana seharusnya. Pada penelitian Strategi Public Relations PT. Surya Timur Sakti Jatim dalam membangun citra perusahaan melalui program CSR Yamaha Engineering School ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dan observasi langsung kepada pelaksana program CSR Yamaha Engineering School dan juga dengan peserta CSR tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan-tahapan Public Relations yang dilakukan dalam pelaksanaan program CSR Yamaha Engineering School belum sepenuhnya dilakukan dengan benar sesuai dengan sebagaimana seharusnya. Hal ini terjadi dikarenakan ketidakadaan peran Humas yang menjalankan strategi PR tersebut. Oleh karena tidak ada yang menjalankan peran, sehingga tahapan evaluasi yang seharusnya penting dilakukan menjadi terlewatkan. Kurangnya pelaksanaan tahapan strategi Public Relations disertai dengan perusahaan yang mulai menganggap program CSR ini sebagai bisnis profit membuat PT. Surya Timur Sakti Jatim belum bisa mencapai hasil citra harapan yang diinginkan.