Bentuk bentuk presentasi political marketing communication dalam pemilu legislatif 2009 studi kasus pada Charles Honoris calon legislatif DPR RI Dapil 1 Surabaya Sidoarjo

Main Author: Hartiana, Theresia Intan Putri
Format: Monograph PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/11193/1/Media%20dan%20Komunikasi%20Politik%20bu%20intan.pdf
http://repository.wima.ac.id/11193/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan untuk melihat Bentuk-bentuk presentasi Political Marketing Communication yang dilakukan oleh Charles Honoris, caleg DPR RI Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo dalam Pemilu Legislatif 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,metode studi kasus dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah tim sukses Charles Honoris. Pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Unit analisis data berupa narasi hasil wawancara dengan narasumber dan hasil observasi berupa foto, brosur, serta dokumen-dokumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk political marketing communication yang dilakukan Charles Honoris antara lain iklan berformat baliho, billboard, poster banner,spanduk, iklan cetak di majalah dan surat kabar, iklan radio dan televisi, serta transportation advertising (transit) atau iklan pada badan mobil pribadi dan angkutan umum. Jaringan internet melalui situs www.charleshonoris.com, blog Charles’Op-Ed Articles, Facebook, dan Friendster. Pernak-pernik berupa kartu nama, jam dinding, stiker, brosur, dan kalender juga dibagikan kepada masyarakat. Selain itu, Charles Honoris mengundang masyarakat umum ke berbagai acara yang diadakan olehnya secara gratis. Charles Honoris juga turun langsung menyapa masyarakat, bekerjasama dengan Nahdalatul Ulam. Media relations,Direct marketing melalui surat, serta memasang call center pada iklan dan kartu nama.