Banalitas Intelektual Dalam Dunia Pendidikan Perguruan Tinggi Suatu Kajian Filsafat Ilmu
Main Author: | Susanti, Anastasia Jessica Adinda |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/10736/6/ANASTASIA%20JESSICA.pdf http://repository.wima.ac.id/10736/1/R%201%26%202%20Banalitas%20Intelektual...........pdf http://repository.wima.ac.id/10736/ http://journal.wima.ac.id/index.php/ARETE/article/view/822 |
Daftar Isi:
- Tulisan ini bertolak dari permasalahan pendidikan pada perguruan tinggi di Indonesia, yang oleh Heru Nugroho dirumuskan dalam istilah banalitas intelektual. Banalitas intelektual ialah situasi yang ditandai oleh pendangkalan pemikiran yang tidak disadari, kemerosotan kualitas intelektual dan akademik. Ide dasar dari tulisan ini ialah mencari penyebab banalitas intelektual di level filsafat ilmu. Filsafat ilmu digunanakan sebagai sudut pandang sebab praktek pendidikan mengandaikan adanya cara pandang terhadap ilmu. Situasi banalitas intelektual terjadi pertama karena cara pandang yang terlalu mementingkan kuantitas untuk mengukur kualitas intelektual. Semangat terlalu mementingkan kuantitas ini dapat dilihat sebagai romantisme kejayaan metode induksi. Penyebab banalitas intelektual yang kedua ialah diabaikannya tujuan ilmu untuk menyejahterakan seluruh umat manusia, bukan hanya untuk segolongankecil manusia. Akhirnya, perubahan cara pandang untuk mendekati kualitas intelektual perlu diusahakan, agar dunia pendidikan di perguruan tinggi mengalami perkembangan, tidak terjebak dalam permasalahan yang sama.