Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Pisa Kafe di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Karakteristik sampel dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah makan dan minum di Pisa Kafe Manyar Kertoajo minimal 3 kali dalam 1 tahun terakhir dan berusia minimal 17 tahun (diasumsikan pada usia tersebut sudah cukup umur untuk menentukan pilihan pembelian yang dianggap nyaman dan memuaskan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Pisa Kafe Manyar Kertoajo Surabaya. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji validitas, reliabilitas dan pengujian kecocokan model pada masing-masing indikator pada setiap variabel.