Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Corporate Social Responsibility merupakan komitmen perusahaan terhadap kepentingan para stakeholders dalam arti luas dari pada sekedar kepentingan perusahaan saja. Pengungkapan CSR merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi ukuran perusahaan (size), leverage, profitabilitas, tipe industri (profile), ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang diukur dengan 78 indikator pengukuran corporate social responsibility.Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2013. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 20 perusahaan yang menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan (financial report) perusahaan manufaktur. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaantidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, tipe industri (profile)tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.Sedangkan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap corporate social responsibility.