ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, LIKUIDITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL
Daftar Isi:
- INTISARI Pada dasarnya setiap perusahaan membutuhkan modal untuk membiayai kegiatan operasional dan pengembangan bisnisnya sehingga modal menjadi salah satu elemen penting dalam perusahaan. Semakin besar modal yang dimiliki perusahaan maka semakin besar pula kegiatan operasional yang dapat dilakukan. Sumber dana yang digunakan pada hakekatnya adalah komposisi dana atau struktur modal perusahaan. Pemenuhan kebutuhan dana dianggap penting karena berhubungan dengan kelangsungan hidup perusahaan dan kesempatan berkembangnya perusahaan tersebut. Struktur modal merupakan salah satu barometer tingkat kepercayaan investor. Semakin baik struktur modal yang dimiliki maka investor akan semakin banyak menanamkan investasinya, tetapi sebaliknya semakin lemah struktur modal yang dimiliki maka investor akan mempertimbangkan pengambilan keputusan dalam penanaman investasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, struktur aset, likuiditas, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal perusahaan. Populasi yang digunakan adalah perusahaan consumer goods industry. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan sesuai kriteria yang dapat dijadikan sampel penelitian. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari 4 variabel yang digunakan model penelitian yaitu profitabilitas, struktur aset, likuiditas, dan pertumbuhan penjualan yang menunjukkan mempunyai pengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan consumer goods industry adalah variabel profitabilitas, struktur aset, dan likuiditas.