Daftar Isi:
  • Dalam proses pengambilan keputusan untuk menggunakan produk berupa barang atau jasa konsumen akan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pelayanan, karena pelayanan merupakan faktor yang berharga yang dapat memberikan kesan mendalam bagi konsumen. Disamping itu faktor terpenting lainya dalam bisnis adalah komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Pelanggan biasanya menyampaikan pengalamannya kepada pelanggan potensial yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan word of mouth terhadap keputusan. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah konsumen yang menggunakan jasa karoseri Gajah Mada Sidoarjo. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan random sampling. Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas layanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian adalah signifikan. Hasil ini mengindikasikan model penelitian layak digunakan. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 71,2% yang menunjukkan hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan pembelian adalah erat. Hasil pengujian secara parsial juga menunjukkan masing-masing variabel yang digunakan dalam model penelitian mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen.