Daftar Isi:
  • Usaha untuk membujuk dan mempengaruhi konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan menjalin komunikasi dengan pasar melalui periklanan dan penetapan harga yang sesuai. Bentuk komunikasi yang lazim digunakan oleh perusahaan untuk menjalin komunikasi dengan konsumennya adalah melalui periklanan (advertising) sebagai salah satu unsur dari promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel harga, dan celebrity endorser terhadap proses keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa STIESIA Surabaya yang pernah melihat iklan TOP Coffee versi Iwan Fals, dengan sampel yang digunakan sebanyak 44 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa harga, dan celebrity endorser berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian. Kondisi ini menunjukkan variabel layak digunakan sebagai model penelitian. Hasil ini juga mencerminkan bahwa kedua model tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk Top Coffee. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 81,3% menunjukkan korelasi atau hubungan antara variabel harga, dan celebrity endorser terhadap proses keputusan pembelian produk Top Coffee memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel yang digunakan dalam model penelitian tersebut masing-masing mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap proses keputusan pembelian konsumen.