Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan merupakan suatu strategi yang sangat penting bagi perkembangan dan keberhasilan organisasi bisnis. Konsep kualitas sering dianggap sebagai ukuran relatif kebaikan suatu produk atau jasa merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan dalam upaya memantapkan hubungan dengan pelanggan yang telah ditetapkan agar perusahaan dapat berkembang lebih luas lagi dan tumbuh dengan baik untuk masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini meliputi konsumen yang menggunakan jasa pengendalian hama khususnya pada pembasmian rayap pada bulan januari sampai oktober 2014 pada PT. Adi Raharja Utama (Shield Pest Control) di Surabaya. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan pengaruh variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa variabel tersebut layak digunakan dalam model penelitian. Korelasi yang ditunjukkan antara variabel tersebut terhadap kepuasan konsumen memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian juga menunjukkan kualitas pelayanan yang terdiri bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mempengaruhi kepuasan konsumen.