Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaan tekstil dan garmen.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder yaitu perusahaan tekstil dan garmen di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 8 perusahaan. Pengukuran struktur modal yaitu dengan menggunakan DER (Debt to Equity Ratio). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif karena ukuran perusahaan merupakan perwakilan dari kemungkinan kebangkrutan, maka dengan demikian ukuran perusahaan mempunyai dampak positif terhadap penggunaan hutang dan struktur aktiva berpengaruh signifikan positif terhadap struktur modal karena perusahaan dengan posisi aktiva tetap yang besar akan memiliki kemudahan dalam pengadaan hutang sebab aktiva tetap dianggap sebagai jaminan. Sedangkan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan karena tingkat penjualan yang tinggi tidak cenderung membuat perusahaan untuk mengambil hutang dan memperbesar struktur modalnya.