Daftar Isi:
  • Ritel modern memberikan banyak tawaran seperti suasana gerai yang nyaman, kegiatan promosi dan display produk yang menarik sehingga dapat menciptakan emosi positif pada diri konsumen untuk melakukan pembelian secara spontan. Munculnya beragam klasifikasi perusahaan pengecer di indonesia dalam bentuk gerai modern secara tidak langsung menimbulkan perubahan gaya hidup dan pola belanja konsumen yang memiliki kebutuhan lebih banyak, ekspektasi yang semakin tinggi menginginkan kualitas dan pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atmosfer gerai dan promosi terhadap pembelian impulsif yang di mediasi oleh emosi positif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen yang berbelanja di Hypermart Royal Plaza Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang di gunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa atmosfer gerai berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap emosi positif, promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap emosi positif. Atmosfer gerai berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif Hasil ini menujukkan bahwa emosi positif memediasi pengaruh atmosfer gerai dan promosi terhadap pembelian impulsif. Hasil pengujian menunjukkan besaran pengaruh tidak langsung atmosfer gerai dan promosi terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsung atmosfer gerai dan promosi terhadap pembelian impulsif.