Daftar Isi:
  • Konsumen melakukan segala aktivitas berdasarkan keinginan mereka yang berupa motivasi. Pentingnya peran motivasi, khusunya dalam perilaku belanja dapat mendukung perilaku konsumen untuk mendapatkan keinginan dan mencapai tujuannya secara optimum ketika berbelanja. Salah satu motivasi pada diri manusia yaitu motivasi hedonik. Belanja yang telah menjadi kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang, menjadi salah satu pendorong terjadinya motivasi belanja hedonik. Pemenuhan aspek belanja hedonik menjadi sangat penting bagi para pelaku bisnis ritel modern, khusunya di bidang fashion. Aspek hedonik bagi para retailer menyebabkan motivasi belanja hedonik memiliki hubungan dengan perilaku belanja tertentu yang dilakukan oleh pelanggan seperti pembelian impulsif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi belanja hedonik yang terdiri dari adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping, dan value shopping terhadap pembelian impulsif konsumen Matahari Departement Store cabang Delta Plaza Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen wanita yang berkunjung dan berbelanja di Matahari Departement Store Cabang Delta Plaza Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terhadap responden yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji kelayakan model, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji signifikansi hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belanja hedonik yang terdiri dari adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping, dan value shopping memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif yang dilakukan oleh konsumen Matahari Departement Store cabang Delta Plaza Surabaya.