PENGARUH FAKTOR LAYOUT, KEMASAN PRODUK, DISPLAY DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN (IMPULSE BUYING) DI SUPERMARKET SAKINAH SURABAYA
Main Author: | THORIQUL JANNAH, ACHMAD |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stiesia.ac.id/805/1/HALAMAN%20COVER.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/2/ABSTRAK.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/3/BAB%201.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/4/BAB%202.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/5/BAB%203.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/6/BAB%204.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/7/BAB%205.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/9/LAMPIRAN.pdf http://repository.stiesia.ac.id/805/ http://repository.stiesia.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel penataan rak, display, kemasan produk, dan promosi terhadap konsumen dalam melakukan pembelian yang tidak direncanakan. Obyek yang akan diteliti di Supermarket Sakinah Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang berbelanja di supermarket tersebut dimana jumlah populasi tidak diketahui. Pengambilan sampel menggunakan non-probabilistic sampling dengan teknik accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 61 responden.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang tujuannya untuk menduga besarnya koefisien regresi yang menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas yang terdiri atas penataan rak, display, kemasan produk, dan promosi terhadap konsumen dalam melakukan pembelian yang tidak direncanakan. Hasil pengujian analisis of variance (ANOVA) didapat nilai f sebesar 1252,735 dengan tingkat signifikan 0,000, dengan demikian model yang dihasilkan baik dan dapat digunakan untuk analisis selanjutnya. Sedangkan tingkat adjusted R Square (R2) sebesar 0,988 yang berarti bahwa sumbangan atau kontribusi dari variabel bebas yang terdiri atas penataan rak, display, kemasan produk dan promosi secara bersama-sama terhadap variabel terikat pembelian yang tidak direncanakan sebesar 98,9 % sedangkan sisanya 1,1 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Sedangkan hasil uji t secara parsial menunjukkan tingkat signifikansi yang diperoleh dari variabel bebas yaitu untuk penataan rak sebesar 0,007, display sebesar 0,000, kemasan produk sebesar 0,000, promosi sebesar 0,002 lebih kecil dari a = 5%. Hal ini menujukkan variabel bebas tersebut secara partial mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian yang tidak direncanakan.