IDENTIFIKASI CRITICAL SUCCESS FACTORS SEBAGAI PENDUKUNG DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT IKHWAN BERKAH SEJAHTERA SURABAYA
Main Author: | HANDAYANI, FRIDA ENDRAWATI |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stiesia.ac.id/624/1/Halaman%20Cover.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/2/Abstrak.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/3/Bab%201.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/4/Bab%202.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/5/Bab%203.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/6/Bab%204.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/7/Bab%205.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.stiesia.ac.id/624/ http://repository.stiesia.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis critical success factors dalam mencapai keunggulan bersaing pada PT Ikhwan Berkah Sejahtera Surabaya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dijelaskan dengan cara deskripif bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis critical success factors dalam mencapai keunggulan bersaing. Critical success factors merupakan faktor penting bagi perusahaan sebagai penunjang dalam mencapai keberhasilan. Dimana untuk mengidentifikasinya diperlukan analisis terhadap SWOT. Faktor kekuatan meliputi pelayanan pada sistem pembayaran, penyebaran unit perwakilan, fasilitas dan kualitas pelayanan yang diberikan, sumber daya manusia, pemasaran yang dilakukan. Faktor kelemahan yang meliputi teknologi dan lokasi. Faktor peluang meliputi menciptakan kepercayaan konsumen, pangsa pasar masih terbuka. Faktor ancaman meliputi munculnya pesaing baru antar penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, persaingan harga antar penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, harapan pelanggan yang semakin tinggi, menurunnya peminat ibadah haji. Indikator kinerja yang dapat diukur terdiri atas perspektif keuangan meliputi peserta yang menggunakan sistem kredit, pertumbuhan pendapatan, perspektif pelanggan meliputi jumlah unit perwakilan, jumlah keluhan pada saat pelayanan, publikasi yang sudah dilakukan, perspektif bisnis internal meliputi adanya inovasi dalam setiap pemberian pelayanan serta perspektif pertumbuhan pembelajaran meliputi penyesuaian pendidikan dan jabatan sumber daya manusia, pelatihan yang telah diikuti. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan analisis SWOT maka perusahaan dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan sehingga dapat melakukan strategi untuk kebaikan kedepan dalam rangka keunggulan bersaing. Disamping itu analisis SWOT dapat digunakan sebagai alat pengukuran kinerja baik keuangan maupun operasional. Analisis SWOT dilakukan setiap periode tertentu misalnya setiap akhir tahun, agar dapat melakukan perbaikan yang terus menerus.