PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020)

Main Author: AINI, ELVIA NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5533/1/ABSTRAKSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5533/2/PENDAHULUAN.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5533/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5533/4/FULL%20TEKS%20SKRIPSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA), ukuran perusahaan menggunakan Logaritma Natural (Ln), dan kebijakan dividen menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Di mana populasi penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2020. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan dengan total pengamatan sebanyak 42 pengamatan. Data penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dihitung denga aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) prifitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan (3) kebijkan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan