PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya)
Main Author: | PUTRI, PUJI LESTARI EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458/1/ABSTRAKSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458/2/PENDAHULUAN.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viralmarketing dan social media terhadap keputusan pembelian dan e-wom. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viralmarketing dan social media menggunakan E-WOM terhadap keputusan pembelian di Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya Prodi S1 Manajemen angkatan 2018 kelas pagi yang telah melakukan daftar ulang sebanyak 137 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling yaitu metode pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak dengan cara menyediakan kuesioner berupa pertanyaan yang akan dijawab oleh responden sesuai dengan kriterian yang telah ditetapkan oleh peneliti. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (partialleastsquare) dengan alat statistik SmartPLS3.0. Hasil penelitian membentuk analisa bahwa viralmarketing, socialmedia, dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Socialmedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-WOM, sedangkan viralmarketing tidak berpengaruh signifikan terhadap E-WOM. Selanjutnya viralmarketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui E-WOM, sedangkan socialmedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui E-WOM