Daftar Isi:
  • Dalam era globalisasi, telah terjadi pergeseran pola pikir perusahaan yang sebelumnya hanya mengejar keuntungan ekonomi saja (profit) menjadi lebih bersifat social oriented. Perubahan pola pikir tersebut mendorong munculnya kesadaran perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial, salah satunya melalui program Corporate Social Responsibility. Saat ini CSR tidak lagi dianggap sebagai biaya, akan tetapi sebagai investasi yang diharapkan dapat memberikan hubungan timbal balik yang signifikan bagi perusahaan. Dan penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi penerapan Corporate Social Responsibility, yang dianggap merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan (sustainable growth). PT Suprama adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang makanan dengan produksi mi kering yang sudah menerapkan CSR sejak tahun 2010. Unit analisis dalam penelitian ini adalah penerapan CSR yang mengaitkan antara data dan proposisi yang di dapat dari menganalisis implementasi kegiatan sosial oleh PT Suprama dalam mencapai pertumbuhan berkelanjutan yang tergambarkan dalam pertumbuhan penjualan dan image perusahaan di masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa wawancara dan observasi, dan juga data sekunder yaitu berupa dokumen yang terkait dengan CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Suprama telah menjalankan CSR baik secara internal maupun eksternal. Penerapan CSR pada PT. Suprama secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan berkelanjutan (sustainable growth). Hal ini dapat dibuktikan melalui adanya peningkatan pada prosentase penjualan, reputasi (image), serta perluasan area penjualan PT Suprama dari tahun ke tahun. Namun sampai dengan saat ini PT Suprama belum menyajikan pertanggungjawaban CSR tersebut kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan berkelanjutan (sustainable report).