PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Main Author: | YANI, WIDYA |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stiesia.ac.id/540/1/Halaman%20Cover.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/2/Abstrak.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/3/Bab%201.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/4/Bab%202.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/5/Bab%203.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/6/Bab%204.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/7/Bab%205.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/9/Lampiran.pdf http://repository.stiesia.ac.id/540/ http://repository.stiesia.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Return On Equity dan Return Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menekankan pada pengujian variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility. Sedangkan untuk variabel dependen menggunakan Return On Equity dan Return saham. Sampel penelitian ini adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia yaitu annual report perusahaan manufaktur yang terdaftar pada tahun 2009-2011. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Dari kriteria di atas diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan per tahun atau 78 firm years. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, dengan uji statistik t sebagai pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji t antara variabel CSR dengan ROE diketahui nilai signifikansi sebesar 0,032 yang berarti hipotesis pertama diterima. Sedangkan untuk hasil uji t antara variabel CSR dengan Return Saham diketahui nilai signifikansi sebesar 0,038 yang berarti hipotesis kedua diterima. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity dan Return Saham. Kondisi ini menggambarkan bahwa semakin baik pengungkapan Corporate Social Responsibility mencerminkan semakin baik kinerja perusahaan.