PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Main Author: WIRANTI, RATRI ERYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5274/1/ABSTRAKSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5274/2/PENDAHULUAN.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5274/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5274/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selam tahun 2016-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan-perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020 denga metode Pengumpulan data yaitu menggunakan Teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik analasis yang data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan arti tinggi maupun rendahnya profitabilitas akan berpengaruh pada nilai perusahaan, maka apabila nilai profitabilitas tinggi akan diikuti oleh peningkatan nilai perusahaan. Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan arti bahwa tinggi dan rendahnya leverage tidak akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan