PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2020)
Main Author: | INAS, SITI ANISAH SHAFIYYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5248/1/ABSTRAKSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5248/2/PENDAHULUAN.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5248/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5248/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5248/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan. Corporate social responsibility diukur dengan corporate social responsibility disclosure, sedangkan kinerja keuangan diukur dengan return on asset, return on equity, dan net profit margin. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode purposive sampling dari sumber data sekunder selama 4 tahun pengamatan, sehingga sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 45 sampel dari 14 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017-2020. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap return on assets, karena nilai corporate social responsibility yang dilakukan perusahaan masih cenderung rendah sehingga tidak mempengaruhi retun on assets. (b) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap return on equity, karena nilai corporate social responsibility cukup rendah maka tidak dapat meningkatkan return on equity perusahaan, tetapi dapat berperan dalam memperbaiki dan meningkatkan reputasi perusahaan. (c) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap net profit margin, karena semakin rendah nilai corporate social responsibility yang dilakukan perusahaan, maka pada peningkatan net profit margin tidak signifikan