Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui perbedaan persepsi akuntan publik dan akuntan pendidik terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP). (2) untuk mengetahui perbedaan persepsi akuntan publik dan mahasiswa akuntansi terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP). (3) untuk mengetahui perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP).Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu berupa kuesioner yang disebar kepada responden untuk memperoleh jawaban berupa nilai atau skor. Responden dalam penelitian ini yaitu akuntan publik yang bekerja di kantor akuntan publik (KAP), akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi yang berada di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya dan Universitas Kristen Petra Surabaya. Pernyataan yang diajukan kepada responden mengenai persepsi terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP).Berdasar hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa : (1) tidak terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik dengan akuntan pendidik terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP). (2) terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik dengan mahasiswa akuntansi terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP). (3) tidak terdapat perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dengan mahasiswa akuntansi terhadap ekspektasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP).