Daftar Isi:
  • Analisis SWOT merupakan salah satu cara didalam menentukan strategi bisnis dan pemasaran yang akan digunakan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan bisnis dari pesaing, apabila perusahaan telah mengenal kekuatan dan kelemahan yang ada dalam tubuh perusahaan sendiri dan mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan, dapat dipastikan perusahaan dapat memenangkan persaingan. Dalam perkembangan selanjutnya analisis SWOT digunakan untuk menetapkan perencanaan strategi bisnis baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Adapun obyek penelitian adalah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kredit pensiun pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Surabaya dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kredit pensiun pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Surabaya dikarenakan tingginya angka pengurangan kredit pensiun yang disebabkan karena banyaknya debitur meninggal dunia sebelum jatuh tempo perjanjian kreditnya, tingginya jumlah pelunasan kredit pensiun, banyaknya debitur yang tidak dapat melakukan pembaharuan kredit pensiun dikarenakan usia debitur yang tidak lagi ada dalam ketentuan kredit pensiun dan semakin banyaknya kompetitor dalam pemasaran kredit pensiun, oleh karena itu PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Surabaya harus senantiasa memperhatikan faktor-faktor lingkungan dalam menyusun kembali strategi pemasaran kredit pensiun