PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Main Author: BILLA, FARADINA SHALSA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4966/1/ABSTRAKSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4966/2/PENDAHULUAN.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4966/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4966/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4966/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas (ROE), leverage (DER), dan corporate social responsibility (CSRDI) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan manufaktur sektor consumer cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif.metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 122 perusahaan manufaktur sektor consumer cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling method, sehingga diperoleh 18 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria, periode sampel pengamatan yang digunakan adalah 3 tahun sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 data pengamatan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indinesia (www.idx.co.id). Hasil pengujian dan analisis penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksi dengan return on equity (ROE) dan corporate social responsibility yang diproksi dengan corporate social responsibility disclosure index (CSRDI) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage yang di proksi dengan debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan