Daftar Isi:
  • Corporate social responsibility (CSR) merupakan kewajiban sosial bagi korporasi atas dampak dari keputusan yang dilakukan perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. Semakin banyak bentuk pertanggungjawaban perusahaan yang dilakukan maka image perusahaan menjadi meningkat. Good corporate governance (GCG) merupakan sistem dan struktur yang baik untuk mengarahkan dan mengendalikan perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CSR dan GCG pada nilai perusahaan: karakteristik perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini CSR dan GCG yang meliputi kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit sebagai variabel independen dan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dengan profitabilitas, firm size, growth opportunity sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 95 perusahaan dengan periode pengamatan 2009-2012. Teknik pengumpulaan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan moderated regression analysis (MRA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa CSR dan Komite audit berpengaruh secara signifikan pada nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komisaris independen tidak berpengaruh secara signifikan pada nilai perusahaan. Profitabilitas memoderasi kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen pada nilai perusahaan dan profitabilitas tidak memoderasi CSR dan komite audit pada nilai perusahaan. Firm size memoderasi CSR, kepemilikan institusional, komite audit pada nilai perusahaan dan firm size tidak memoderasi kepemilikan manajerial, komisaris independen pada nilai perusahaan. Growth opportunity tidak memoderasi CSR, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit pada nilai perusahaan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan, Nilai Perusahaan.