PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Laundry Starclean)

Main Author: SABRIANA, DHEAN ARFIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4809/1/ABSTRAKSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4809/2/PENDAHULUAN.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4809/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4809/4/FULL%20TEKS%20SKRIPSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4809/
Daftar Isi:
  • Perubahan zaman dari waktu kewaktu membuat gaya hidup masyarakat kini mulai berubah, yang dimana segala sesuatu ingin serba praktis dancepat. keinginan yang serba instan mendorong pelaku bisnis untuk memanfaatkan peluang untuk membuka usaha yang bergerak dibidang pelayanan jasa. Salah satunya keberadaan usaha jasa laundry yang sering dijumpai saatini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Laundry Starclean. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah pelanggan dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden menggunakan teknik non probability sampling. Analisis data menggunakan metode Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, sehingga disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Harga berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, sehinga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi hubungan antara harga terhadap loyalitas pelanggan