PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016- 2020
Main Author: | MARISHA, DHEA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4661/1/ABSTRAKSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4661/2/PENDAHULUAN.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4661/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4661/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/4661/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2016 – 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016- 2020. Sampel penelitian terdiri dari 8 perusahaan farmasi yang dipilih secara purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan farmasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yaitu perusahaan harus memanfaatkan aset perusahaan dengan maksimal guna meningkatkan nilai perusahaan. profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yaitu tingkat profitabilitas yang tinggi inilah yang perlu terus ditingkatkan untuk memunculkan sinyal positif bagi investor. leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yaitu perusahaan sebaiknya memperhatikan dan membuat strategi guna mengurangi hutang dan beban bunga yang harus dibayarkan. sedangkan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan yaitu perusahaan dengan potensi pertumbuhan penjualan tinggi harus memberikan return yang maksimal guna memberikan sinyal positif kepada investor untuk tertarik berinvestasi