Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan dan pemberian diskon terhadap loyalitas pelanggan di AUTO 2000 cabang Sungkono Surabaya. Penelitian ini ditujukan kepada pelanggan yang menggunakan jasa layanan perawatan kendaraan Toyota dan telah melewati masa garansi. Adapun indikator kualitas layanan antara lain : berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, serta empati. Dan variabel diskon antara lain : diskon booking service, late booking service, serta diskon khusus bagi pelanggan yang menjadi member Astraworld. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data kuisioner yang dibagikan kepada pelanggan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda menggunakan uji F dan uji t pada tingkat signifikansi 5% (α = 0,05) yang diproses menggunakan perangkat lunak SPSS for windows. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa kualitas layanan dan pemberian diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun parsial, serta variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel pemberian diskon.