Daftar Isi:
  • Perusahaan mempunyai tujuan memperoleh keuntungan yang maksimal untuk memakmurkan pemegang saham, serta meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi pandangan investor terhadap perusahaan tersebut, maka dari itu nilai perusahaan sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln Total Aset, profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), dan likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price Book Value (PBV). Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu, sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan uji hipotesis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpegaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Likuiditas berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019