Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur kinerja pada institusi sekolah dengan perspektif Balanced Scorecard, karena perspektif tersebut menekankan pada aspek keuangan dan non keuangan. Penggunaan metode Balanced Scorecard dianggap sesuai untuk organisasi sektor publik (misalnya sekolahan) maka, penelitian ini dilaksanakan di MDTA Tauhidullah Surabaya. Pengukuran kinerja mencakup perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengungkap suatu fakta dan keadaan yang terjadi pada saat dilakukan pengamatan. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil pengamatan terhadap perspektif Balanced Scorecard dapat disimpulkan bahwa, 1) pada perspektif keuangan mengalami peningkatan pada indikator peningkatan pendapatan sedangkan biaya sudah menunjukkan efisien, 2) pada perspektif pelanggan ada peningkatan setiap tahun khususnya pada indikator penerimaan peserta didik baru dan berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan kepuasan bagi pelanggan, 3) pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa sekolah sudah melakukan inovasi dalam bidang kesiswaan, kurikulum, dan sarana prasarana, 4) pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terdapat pembinaan akhlaq dan peningkatan kualitas kinerja pegawai yang tercermin dalam kepuasan pegawai para gurunya. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan Balanced Scorecard dapat dijadikan sebagai alat tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Untuk mencapainnya maka diperlukan komitmen dan kerjasama dari semua pihak sekolah