PENGARUH CURRENT RATIO, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015 – 2019
Main Author: | YUBAGYO, ANDREW GERECA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3761/1/ABSTRAKSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3761/2/PENDAHULUAN.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3761/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3761/4/FULL%20TEKS%20SKRIPSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3761/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal melalui laporan keuangan tahunan yang telah di publikasi oleh Perusahaan Pariwisata dan Perhotelan tahun 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pariwisata dan perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2015-2019. Sampel penelitian yaitu 13 perusahaan pariwisata dan perhotelan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa current ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal yaitu jika current ratio naik maka akan berpengaruh signifikan terhadap turunnya struktur modal karena perusahaan lebih mengutamakan pendanaan internal, ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal yaitu besarnya ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifkan terhadap naiknya struktur modal karena perusahaan berukuran besar lebih membutuhkan dana cukup besar yang bersumber dari eksternal, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal yaitu naiknya pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap turunnya struktur modal karena perusahaan lebih memilih untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Perusahaan diharapkan mampu untuk mempertahankan dan memaksimalkan sumber pendanaan baik dari internal maupun eksternal