Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa (7P) yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang serta bukti fisik terhadap keputusan penumpang di bandara juanda dalam membeli tiket maskapai Citilink. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penumpang yang berada di area Bandara Juanda yang sedang menunggu terbang atau baru saja mendarat melalui Bandara Juanda menggunakan Citilink dengan jumlah sampel total 100 penumpang yang berada di bandara Juanda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitafif dengan menggunakan sumber data primer yaitu kuisioner disebar ke penumpang yang masuk kategori sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda dengan diolah menggunakan software komputer SPSS versi 16. Hasil uji reliabilitas menunjukkan reliabel.Dari hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh dari masing-masing variabel yang digunakan sebagai model penelitian terhadap keputusan pembelian pada maskapai Citilink. Namun diantara hasil analisis menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, promosi, orang dan proses tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Hanya bukti fisik yang memiliki yang pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap maskapai penerbangan Citilink