PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: HIDAYAH, NORMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3147/1/ABSTRAKSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3147/2/PENDAHULUAN.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3147/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3147/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3147/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran pemegang saham, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Akan tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan, dikarenakan salah satu faktor penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan dalam mengaplikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Hal tersebut membuat kinerja perusahaan dipandang buruk oleh pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV). Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut yang pertama perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014, dan yang kedua perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI yang mempublikasikan laporan keuangan yang telah diaudit dan disajikan dalam mata uang rupiah secara berturut-turut. Dari populasi sebanyak 15 perusahaan food and beverages diperoleh 8 perusahaan food and beverages sebagai sampel dengan periode pengamatan selama 5 tahun (2010-2014). Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari 3 variabel independen tersebut terhadap nilai perusahaan sebesar 48%, sedangkan sisanya 52% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini