PENGARUH TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN VARIABEL MODERASI TATA KELOLA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Food & Beverage yang terdaftar Di Bursa efek Indonesia)
Main Author: | PUTRA, STEPHANUS HIMAWAN CRISTY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3098/1/ABSTRAKSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3098/2/PENDAHULUAN.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3098/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3098/4/FULL%20TEXT%20SKRIPSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3098/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh corporate social responsibility (CSR) pada profitabilitas (ROE) dengan tata kelola perusahaan (GCG) sebagai variabel moderating pada perusahaan perusahaan food and beverager yang terdaftar di BEI periode 2012–2014. Sampel penelitian terdiri dari 13perusahaan food and beverager yang terdaftar di BEI, dengan jumlah pengamatan sebesar 39 dan dipilih secara purposive sampling.Data laporan keuangan auditan dan laporan tahunan diperoleh dari Indo-Exchange File (IDX).Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) pada profitabilitas (ROE) dengan tata kelola perusahaan (GCG) sebagai variabel moderating. Dalam penelitian ini variabel corporate social responsibility (CSR) di ukur menggunakan variabel corporate social disclosure indeks(CSDI), profitabilitas di ukur dengan menggunakan return on equity (ROE), dan tata kelola perusahaan(GCG) menggunakan kepemilkan manajemen. Hasil penelitian dengan regresi linear berganda menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh pada profitabilitas (ROE). Sedangkan analisis variabel moderating dengan metode uji interaksi moderatedregression analysis (MRA) menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan (GCG) memoderasi pengaruh corporate social responsibility (CSR) pada profitabilitas (ROE).