Daftar Isi:
  • Salah satu sumber penerimaan daerah adalah melalui penerimaan dari sektor pajak daerah khususnya pajak reklame yang memiliki peranan penting untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan pajak reklame, tingkat efektivitas dari pemungutan pajak reklame, dan kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deksripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis laju pertumbuhan pajak reklame, analisis efektivitas penerimaan pajak reklame, serta analisis kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah. Sumber data penelitian berasal dari data sekunder berupa data Laporan Realisasi Anggaran tahun 2010-2014 yang diperoleh dengan teknik studi lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pajak reklame di Kota Surabaya belum optimal dan penerimaannya berfluktuatif. Hal tersebut dapat terlihat dari laju pertumbuhan pajak reklame selama dalam kurun waktu 5 tahun terakhir yaitu sejak tahun 2010-2014 hanya memiliki rata-rata sebesar 7,28% yang berada pada kriteria tidak berhasil, sedangkan dari segi tingkat efektivitas penerimaan pajak reklame sebesar 90,39% yang berada pada kriteria efektif. Untuk kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2010-2014 memiliki rata-rata hanya 4,81% yang berada pada kriteria sangat kurang