PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Main Author: FAUZIA, NORMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2947/1/ABSTRAKSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2947/2/PENDAHULUAN.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2947/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2947/4/FULL%20TEKS%20SKRIPSI.pdf
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2947/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intellectual capital, ownership structure, growth opportunity dan CSR disclousure terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diambil secara purposive sampling. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dari tahun 2012 sampai dengan 2014, Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 24 perusahaan terpilih menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Intellectual capital berpengaruh postif terhadap nilai perusahaan, karena semakin besar modal intelektual yang dialokasikan oleh perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan. (2) Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal ini disebabkan rendahnya proporsi kepemilikan manajerial yang dimiliki oleh manajemen mengakibatkan pihak manajemen belum merasa memiliki perusahaan sehingga berdampak kurang baik terhadap perusahaan. (3) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal ini dikarenakan adanya asimetri informasi antara manajemen dengan investor institusional sehingga meskipun pemegam sahamnya besar belum mampu untuk meningkatkan nilai perusahaan. (4) Growth opportunity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal tersebut karena adanya faktor ketidakpastian di masa depan yang membuat kesempatan bertumbuh perusahaan menjadi berkurang. (5) CSR disclosure berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, karena semakin banyak pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan maka citra perusahaan akan menjadi baik sehingga berdampak pada peningkatan nilai perusahaan