PENERAPAN RELEVAN COST SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMPRODUKSI SENDIRI ATAU MEMBELI PADA CV PERDANA 2000 SURABAYA
Main Author: | ., RIZKIYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2946/1/ABSTRAKSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2946/2/PENDAHULUAN.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2946/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2946/4/FULL%20TEKS%20SKRIPSI.pdf https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2946/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Relevan Cost sebagai alat bantu pengambilan keputusan memproduksi sendiri atau membeli pada CV. Perdana 2000 Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus analisis kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Relevan Cost untuk pengambilan keputusan memproduksi sendiri atau membeli dalam rangka memaksimalkan laba yang diperoleh dan meminimalkan resiko yang didapat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah terjun langsung dengan melihat kondisi lapangan secara nyata dalam memperoleh sumber data yang akurat. Penelitian lapangan dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi kepada staff CV. Perdana 2000 yang ahli dibidangnya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan biaya relevan, menunjukkan bahwa CV. Perdana 2000 belum melakukan analisis biaya relevan secara tepat. Hasil analisis mengenai biaya relevan, khususnya pengambilan keputusan membeli atau memproduksi sendiri menunjukkan bahwa dari alternatif yang dilakukan mampu memberikan keuntungan yang berbeda bagi perusahaan. Berdasarkan hasil analisis keputusan membeli atau memproduksi sendiri menunjukkan bahwa, keputusan memproduksi sendiri dirasa lebih tepat karena profit yang dihasilkan lebih tinggi, untuk site Pasar Patok sebesar Rp. 28.184.749, Kanigoro sebesar Rp. 29.635.191, Pasar Dayu sebesar Rp. 29.635.191. Sedangkan keputusan membeli, profit yang didapat untuk masing-masing site lebih rendah sebesar Rp. 17.336.000