Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan e-bill atau electronic billing dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Konstruk yang digunakan dalam penelitian ini antara lain persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, sikap akan penggunaan, minat perilaku penggunaan, dan penggunaan senyatanya. Dalam penelitian ini persepsi kemudahan penggunaan dihubungkan dengan persepsi kegunaan. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan akan dihubungkan dengan sikap akan penggunaan. Selanjutnya sikap akan penggunaan dihubungkan dengan minat perilaku penggunaan. Kemudian minat perilaku penggunaan tersebut dihubungkan dengan penggunaan senyatanya. Obyek dalam penelitian ini adalah pelanggan pascabayar kartuHALO corporate di PT. Telkomsel Surabaya yang menggunakan layanan e-bill. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Data primer yang dihasilkan sebanyak 254 kuesioner dapat diolah menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model) dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap sikap akan penggunaan. Sikap akan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan. Sedangkan minat perilaku penggunaan juga tidak berpengaruh terhadap penggunaan senyatanya dalam menggunakan e-bill