PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VARIASI TERHADAP PRESTASI MAHASISWA MANAJEMEN PADA MATA KULIAH AKUNTANSI PENGANTAR 1 DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Main Author: KUSMAENI, EMI
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STIESIA , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.stiesia.ac.id/2171/1/Emi%20Kusmaeni_Ringkasan%20Penelitian.pdf
http://repository.stiesia.ac.id/2171/
http://stiesia.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pembangunan, oleh karenanya diarahkan dan ditujukan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan tujuan mencapai keberhasilan suatu pembangunan dari berbagai sektor. Untuk dapat menilai keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dengan prestasi belajar mahasiswa dan untuk mencapai prestasi yang optimal tidak hanya dipengaruhi oleh metode pengajaran para pendidik. Namun dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya motivasi belajar. Responden yang dijadikan sebagai objek penelitian berjumlah empat puluh sembilan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah akuntansi pengantar. Metode yang digunakan dengan membagikan kuesioner ketiga variabel tersebut atas responden yang telah diamati sejak mulainya semester dimulai. Pengujian yang dilakukan untuk melihat hubungan ketiga variabel dengan menggunakan uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menunjukkan metode pembelajaran bervariasi berpengaruh terhadap hasil prestasi mahasiswa, sedangkan motivasi tidak berpengaruh terhadap hasil prestasi mahasiswa. Pengujian metode pembelajaran bervariasi terhadap prestasi belajar dengan motivasi sebagai variabel moderasi menunjukkan tidak berpengaruh.